Making Memories

 

Ketika mungkin si bapak bocah udah pusing diteror Dinda untuk jalan-jalan di masa pandemi begini, maka yang dilakukan adalah melakukan liburan ala staycation. Berhubung lokasinya agak lumayan jauh, ya kudu berangkat pagi sekali. Sebelumnya Dinda juga diberitahu kalau bangun lebih pagi dari biasanya. Setidaknya keesokan pagi tidak begitu rewel untuk bangun mandi dan bersiap. Si adek juga turut menyesuaikan dunk. Secara si Mamah paling sebel kalau pergi, masih ada yang belum mandi, tidak siap dan sebagainya. Masalahnya kadang si Mamah jadi lebih senewen untuk mengurus bocah yang ruwet ketika mau berangkat bepergian. Trus, si Mamah juga tipe orang yang rumah kudu bersih dulu saat ditinggal pergi meskipun perginya cuma seharian. Weleh.. jadi bocah kudu rapi dulu, duduk tenang, baru si Mamah bisa beberes rumah. Setelah rumah terkondisikan, cek kompor udah mati atau belum, cabut stop kontak listrik yang tidak diperlukan, cek perlengkapan si Adek, pamitan dengan ibu kost, baru cuss.. kita lets goo.. hahahha.. Keluar rumah jam 5.30. Padahal itu hari janjinya mau pergi jam 4.30. hahahaa.. begitulaaahh.. agak ribet yaaa.. tapi itu udah SOP nya si Mamah.. maaap yaa.. kalau harus menyesuaikan.. 
Lalu lanjut melakukan perjalanan yaa.. hari Minggu pagi, kurang lebih tiga jam dari kota Merauke, dengan perjalanan yang cukup membuat perut orang agak sedikit mual, yaaa.. secara kudu menyesuaikan dengan gaya menyetir si bapak bocah yang heboh begitu.. haaiiss... nggak bisa pelan, kecepatan yaa.. rata-rata 90km/jam.. padahal jalan banyaknya off road daripada aspal yang sebagus tol cipali gitu... ampun deh.. 
Tapi yaa begitulah.. sampai di rumah paman Dinda jam 7.30. Orang-orang yang disana sudah bersiap dengan segala peralatan mancing. hahahaha.. iya.. si bapak bocah mengajak kita semua mancing ikan. Hiburan murah meriah yang terjangkau bagi kami. Si Mamah mikir, ini kayaknya bakal ke tempat yang membosankan. Cuma tempat kolam sepotong yang nggak ada apa-apanya buat dilihat. Ternyata dari rumah paman Dinda itu, ya masih sekitar tiga puluh menitan lah. Jalan bisa tempuh normal, ada lubang dikit masih wajar, jalan aspal perbatasan pedalaman Papua pada umumnya lah.. Tapi begitu masuk dusun tempat tujuan. Kita cuma menapaki jalan setapak yang kanan kiri penuh pohon eucalyptus pelita yang masih rapat. Belum lagi harus mengawasi jalan karena bisa jadi ada pohon rubuh yang tidak terprediksi sebelumnya. Lha kalo si Mamah yang naek motor, bisa langsung nyungsep dengan indahnya. Itu butuh skill tingkat tinggi untuk mengendarai motor. Untungnya Dinda ikut boncengan dengan paman Dinda. Si Adek ikut sama bapak bocah dan si Mamah. Itupun kaki kudu diangkat tinggi ke depan. Kalau nggak ya, nyangkut di kayu-kayu kecil dan akar tanaman merambat lainnya. Tapi yaa.. itulah serunya masuk ke hutan yang benar-benar hutan. Iya.. baru sekali itu soalnya si Mamah masuk pedalaman Papua selain di lokasi pabrik dulu yaa.. 
Cukup udik sih sebenarnya bagi si Mamah yang terbiasanya tinggal di kota, padahal ini cuma kota kecil loh. Maksutnya tuh.. Gimana kalo pas masih tinggal di kota besar itu? weleh bakalan melongo semlongonya deh.. begitu indah ciptaan Tuhan itu. Sedih juga sih kalo liat ada pengrusakan alam. Kalau ada lagu, bahwa Papua itu emang sepotong surga yang diturunkan Tuhan ke dunia, kayaknya ini baru bener. Padahal si Mamah belum pernah ke Raja Ampat loh. Doakan yaa.. biar kesampaian piknik ke Raja Ampat.. aaammiinn..  Atau memang lagi kondisi kejiwaan si Mamah lagi stabil gitu, jadi melihat pemandangan alam itu tampak begitu indah dan terasa damai sekali. Belum lagi, ketika si bapak bocah mancing, lalu turun hujan lumayan deras. Cukup membuat kami semua harus berteduh di bevak yang kebetulan ada disitu. Sungguh pengalaman yang membuat takjub. Bersyukurnya si Adek, sanggup berjalan cepat dan lumayan jauh loh.. untuk ukuran bocah 3 tahun, jarak 700 meter itu yaa bisa nangis itu. tapi si Adek masih bisa ketawa, sekali tersaruk daun-daun kering, sesekali juga kehilangan sendal jepit yang terlepas tersangkut akar. MasyaAlloohh.. Yaa.. semoga dengan begitu, Dinda dan si Adek jadi bisa mensyukuri semua karunia yang Tuhan udah berikan. Di situ nggak ada wifi, tapi masih bisa ketawa, masih dapat makanan enak setelah si bapak bocah bakar ikan mujaer yang cukup besar hasil mancing dan rasanya enak luar biasa. Atau mungkin ini karena efek lapar yaa setelah perjalanan jauh.. hahahhaa..
Si Mamah juga mikir, kayaknya kalau diajak ke situ lagi, si Mamah mau bawa peralatan nulis yang bener deh. Asli keren tempatnya.. nggak seperti tempat mancing si bapak bocah sebelumnya yang pernah kita kunjungi.. Pengennya yaa, nggak usah urus bocah juga.. hahahaaaa.. berharapnya duo traveling gitu...
Haaiiis.. tapi si bapak bocah juga maunya mancing sendirian juga.. hahahaa.. Tapi itu sepertinyaaa.. yaaa.. bisa terelisasi beberapa tahun lagi.. ketika si Adek udah nggak harus minta dicebokin pas pipis.. hahahaaa...

Komentar