8 x 2 and 2 x 8


Bagi kita para orangtua sebenarnya memang sih hasilnya sama saja, tetep 16. Atau ada diantara para mamah ini yang dulu diajari konsep berhitung? Karena yang dulu saya masih ingat ketika cuma diberi sederet tabel perkalian lalu disuruh menghapal. Mampus.. padahal saya tidak begitu pintar menghapal.. sekalipun saya anak jurusan IPS yaa.. tetep ajah nggak bisa menghapal.. nyebelin sih emang.. tapi yaa begitulah.. nanti kapan-kapan saya cerita ketika bapak saya mengajari saya memahami pelajaran yang notabene banyak bacaannya itu tanpa harus menghapal.. dari pelajaran PPKn, sejarah, dan lain-lain. Naah.. Haayooo.. siapa yang masih pake metode menghapal perkalian tabel ini buat ngajarin bocah? berarti anda sudah tua yooo.. hahahaha.. Belom lagi dulu SD, jaman mau pulang sekolah, siapa yang cepet bisa menjawab soal tebak-tebakan guru tentang perkalian ini langsung boleh cepet pulang.. haaadewww.. ngalamat semalaman kudu ngapalin itu tabel perkalian. Biar besok bisa pulang cepet.. Haiiss.. dulu ngapain datang ke sekolah kalau bawaannya pengen pulang cepet yak? hahahahaa.. dulu orientasinya si mamah tuuu.. sekolah buat ketemu teman-teman.. gimana, di situ ada yang sama juga? tooosss... jadi betapa saya sudah merasa tua sekali.. hehehe..
Tapi yang menjadi masalah sekarang adalah menjelaskan pada Dinda tentang perbedaan hal tersebut ketika masuk di soal. Metode menghapal perkalian sepertinya sulit untuk diterapkan pada Dinda yang memang lebih sering saya tekankan untuk memahami segala sesuatu baru mengerjakan soal. Tapi bisa juga metode ini bisa diterapkan pada bocah lain loh ya.. kan masing-masing bocah punya kelebihan dengan talentanya. Ini hanya berkaitan dengan target si Mamah sih emang sungguh mulia, ketika harapannya kelak, Dinda bisa memandang segala sesuatu tidak melulu berorientasi pada hasil, tapi juga melihat proses. Dengan tidak mengesampingkan pula kadang ada hal yang berorientasi pada hasil nya juga loh.. Berharap memandang segala sesuatu dengan komprehensif. Tidak tersegmentasi baik dalam pemikiran dan adaptasi sosialnya. Prediksi si mamah, Dinda kelak hidup semakin berbaur dengan lingkungan yang makin luas, tapi berharap juga Dinda tidak lupa dengan kapasitas dirinya sendiri. Berkreasi menciptakan sesuatu dengan segala hal yang dia punya. Mungkin inilah beda generasi. Berusaha untuk tetap bijak dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan. Weleehh..eeciiieeee... gile bener ini si mamah.. MasyaAlloohh.. kejauhan deh kayaknya mikirnya.. hahaha.. Ini loh bocahnya masih SD. Tapi kok kayaknya nggak ya.. demi dengan melihat tingkat imajinasi dan kedewasaan Dinda.Trus, Dinda nggak ikutan les tambahan pelajaran kecuali mengaji loh yaa.. Makanya si mamah juga kudu liat buku teks sekolah Dinda juga.
Kemarin tuh sepertinya ada webinar tentang cara mendamping bocah belajar di rumah. Cuma si mamah ketinggalan beritanya. Padahal penting ini.. Nanti siapa tau ada siaran ulangnya.. hahaaha.. Ngarep banget yak.. Sepertinya nanti cari ulasannya lagi. Menjadi orangtua emang kudu harus terus berlajar. Agak ribet mengsinkronkan metode pembelajaran si mamah yang jaman baheulah dengan generasi kekinian yang kudu berpikir kritis, logis dan sistematis. Pusinglah si mamah untuk mengajari si Dinda. Mau konsen homescholing, kayaknya si mamah belum cukup ilmunya. Mungkin kalau si mamah udah mentok ngajarin kayaknya juga bakal mengeluarkan jurus hapalan itu juga deh.. tapi doakan saja semoga Dinda sudah bisa mengerjakan soal dengan baik tanpa harus disuruh hapalan. Banyakin latihan soal ajah..
Bersyukurnya ketika sekolah dari rumah ini, si mamah jadi lebih bisa memahami cara Dinda berpikir untuk menyelesaikan soal. Karena kadang, ketika mengajari Dinda, si mamah itu lebih seringnya memberikan dasarnya saja, lalu Dinda berusaha mengerjakan soal dengan caranya sendiri. Trus si mamah tinggal memperhatikan cara dia mengerjakan soal itu. Dari sekolah pun juga memberikan penjelasan via video singkat loh ya.. cuma kadang ya itu, meskipun udah diulangi muter video beberapa kali.. ketika Dinda ditanya, mengerti nggak penjelasan video.. Dijawabnya sih nggak.. hahahaaa... okeee baique laaahhh.. gapapaa..
Cuma bagi para mamah lain yang kudu punya energi ekstra untuk belajar di rumah, alias yang belajar online nggak cuma 1 bocah, yaa.. stok sabarnya diperbanyak yaaa.... kencengin berdoanya.. untuk tetep sabar, semangat dan bisa mengendalikan diri ketika mendampingi si bocah belajar. Salut bagi para mamah tersebut, yang mungkin berharap bisa segera belajar lagi di sekolah lagi. Ayo, tetep dijaga kewarasannya ya para mamah. Kita bisa melalui masa-masa ini dengan baik. Kelak bisa cerita, duluuu.. jaman pandemik iiiniiihh.. betapa mamah ini sungguh pusing... hahahahaa.. gapapa..Ayooo.. tetep hepi yaaa.. hati yang gembira adalah obat.. begitu kalo baca tagline di tempat dokternya Dinda.. itu si mamah cuma baca loh yaa.. 

picture taken from canva

Komentar