Feel Insane

Sekitar pukul 17.30 sore, saya sudah berada di klinik poligigi, hendak ke apotik menebus resep yang sudah diberikan dokter untuk mengobati sakit gigi saya. Dalam menuju ruang klinik itu, terdapat sebuah televisi yang diletakkan di atas bagian tembok agar memudahkan pengunjung untuk menonton siarannya. Saat hendak masuk ruangan apotik, terdengarlah seorang penyiar siaran berita yang menyampaikan kabar tentang kasus seorang ibu yang membunuh anaknya karena sekolah daring. Menurut berita, jasad korban ditemukan dengan pakaian lengkap di TPU setempat. 

Sewaktu mendengar berita tersebut, langsung saya merasa sedih. Mungkin ibu itu juga mengalami hal yang memusingkan dirinya selain mengurus sekolah online si buah hati. Yang namanya penyakit memang sering aneh keadaannya. Muncul ketika sedang mengajari bocah yang belum juga mengerti apa yang sedang diajarkan. Aduh.. pusing juga bukan? 
Bagi saya, itu merupakan sarana introspeksi diri, ketika harus menghadapi masalah. Mungkin bagi ibu-ibu lain yang sedang berjuang dalam kehidupan masing-masing akan berkata, "Lha situ enak.. punya teman yang baik, mau kasih utangan buat nutupin butuh. Atau situ loh enak, penghasilan suami per bulannya bisa buat beli sawah 10 hektar ajah masih sisa...gimana yang disini yak?" 
Saya kok malah jadi mikir, betapa kompleksnya tantangan menjadi seorang ibu. Ini cuma bahasa halus dari betapa stress nya menjadi seorang ibu..hahaha.. Sepertinya setiap ibu akan mempunyai beban hidup yang sama pada tiap masanya. Maksudnya, setiap ibu dimanapun berada, tentunya akan punya masalah. Begitu memutuskan punya anak, maka otomatis itu bakalan menjadi tantangan tersendiri. Hidup sendiri ajah sudah penuh dengan liku-likunya, apalagi ini ditambah lagi dengan adanya bocah dan kebutuhan keluarga lainnya. 
Sepertinya saya bisa memulai cara buat meminimalkan "kegilaan" dinamika kehidupan para ibu
 
1. Lebih peduli dengan inner circle. 
Saya malah jadi mikir, sepertinya saya memang kudu lebih aware lagi dengan lingkungan sekitar. Saya memang bukan orang yang gaul di lingkungan tempat tinggal saya. Lha soalnya daripada terseret arus mengghibah yang tidak benar, mendingan produktif saja di rumah. Boleh dunk, pakai gadgetnya untuk say hallo pada teman-teman lama. Saya pun pada dasarnya juga seneng kok kalau diajak ngobrol. Cuma saya pemalu untuk mulai duluan.. lha takutnya mereka pada sibuk semua di sana.. hehehe..

2. Cari waktu tepat untuk mengajari bocah belajar
Sejak sekolah di rumah, Dinda jadi berubah mood belajarnya. Dia jadi lebih senang semua pelajaran dikerjakan pada pagi hari semua. Mungkin dia berasa sekolah beneran kayak di sekolah gitu..  Okee.. jadi si mamah juga harus improvisasi dunks memberikan pelajaran tambahan juga di pagi hari.  Selain mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh bu guru sekolahnya, biasanya Dinda juga saya berikan sedikit latihan soal lainnya di luar pelajaran yang diajarkan oleh bu gurunya. Saya merasa ketika Dinda belajar malam itu juga nggak efektif, adanya dia cuma pengen cepat tidur, maen hape atau mau hal lainnya. Mamahnya makin pusing dibuatnya. Alhasil jadinya si mamah malah makin marah-marah..

3. It's okay not to be okay
Memang sindrom drakor tak bisa lepas dari para ibu nih. Ini nggak melulu tentang judul drakor yang nge heeiistt itu yaa.. Tapi memang begitulah adanya. Ibu memang pasti mengalami saatnya upside down. Bagi yang merasa nggak punya siapa-siapa buat curhat, ayo.. menentramkan hati dulu. Buat kegiatan yang bisa release sejenak beban hidup. curhat dituangkan buku atau jurnal pribadi yaa.. bukan sosmed gitu.. Cari mood booster yang bener. Bikin indomie rebus dengan rawit puuedess yang dimakan selagi hangat. Atau misalnya lagi jengkel sama suami, ya udah.. ga usah mikir suami dulu.. biarkan dia dengan segala keruwetannya. Bikin diri sendiri hepi dulu.. konsentrasi pada yang bisa dikerjakan. Yang simple ajah dulu.. Kalo udah pusing beneran, mending konsultasi ke ahli saja..
 
Masih tetep merasa belum baik-baik juga. Ayoo.. berdoa yang kenceng, tambahin semangatnya buat meminta hal yang lebih baik pada Yang Maha Kuasa. InsyaAlloh, dikabulkan seperti kehendak-Nya.. tawakal gitu.. bertaubat dan pasrah yang bener.. truss.. ditambah kuota sabar ya, buk.. inget ajah ini salah satu pekerjaan yang pahalanya gede banget.. dah gitu ajah..  tetep semangaat yaa.. ini juga menyemangati diri sendiri juga nih.. hehehe..

gambar diambil dari canva

Komentar