How to motivate children's learning at home during the pandemic?


Nggak cuma emaknya, nggak juga Dinda. Sepertinya kebanyakan di rumah, membuat orang jadi makin sering rebahan, leyeh-leyeh nggak jelas dan do nothing. Esmosi nya si mamah, pas giliran udah mau masuk sekolah, Dinda tetap saja dengan gaya santuy nya begitu.. Pusing lah si mamah.. Padahal tugas sekolah sudah ditunggu sama bu guru nya.. Haddeehhh.. Si Mamah jadi kudu cari cara gimana biar Dinda semangat sekolah meskipun di rumah. Self motivation itu ternyata nggak cuma buat si mamah ajah, Dinda juga butuh.
Jadi yang dilakukan si mamah buat how to motivate children's learning at home alias membangkitkan semangat bocah sekolah di rumah di antaranya :

1. Setting tempat biasa maen jadi tempat belajar
Berhubung rumah kecil, jadi tempat nonton tivi ini, yang biasa buat maen sama si adek, dirapikan dikit. Biarpun ya mainan tetep beterbaran, ya sudahlah yaa.. setidaknya ada meja khusus dia buat belajar.

2. Kondisikan si adek supaya tenang
Kadang tu si bocil penasaran tentang si kakak yang sedang belajar, a.k.a ikut ngrecokin sih lebih tepatnya. Makanya bagi para mamah yang masih punya toddler begini, kasih si bocil mainan atau apapun yang membuatnya agak sedikit lebih tenang. Jadi tidak terlalu membuat si kakak ikutan heboh kerena diganggu belajarnya oleh si adek. Mungkin inilah tantangan sebenarnya dari how to motivate learning si kakak, karena memang si adek energinya luar biasa hingga lebih sering bikin gaduh.. hehehe..

3. Kasih tahu kalo teman lain sudah pada kumpul tugas
Naahh... kalau jaman dulu, para ibu kita membangunkan kita bilang ini sudah jam 8, sekalipun masih jam 5. Kadang trik ini bisa juga dimodifikasi digunakan buat Dinda agar semangat kerja tugas. Apalagi kalau dibilang yang kumpul tugas, si teman yang emang jadi saingan dia belajar di sekolah. Tapi ini beneran loh, kalau si teman itu memang udah kumpul tugas.. Hahahaa.. dia nggak mau kalah.. anggap saja melatih jiwa kompetisi.. hihihi..


Jadi gimana balada sekolah di rumah di situ?

picture taken by pixabay

Komentar