Washing dishes


Saya seringkali melihat gambar di instagram tentang area dapur. Mulai dari kitchen set yang menarik, atau penataan kulkas yang rapi dan bersih, hingga wastafel tempat cuci piring yang bagus. Menyenangkan rasanya, ketika melihat hal tersebut. Berasa yang namanya kegiatan mencuci perabot makan itu terasa menyenangkan. Karena saya sendiri kadang juga jengkel kalau mencuci perabotan begitu. Walau tidak semalas setrika, mencuci piring itu lumayan menyenangkan. Naah.. Yang saya lihat di dapur orang itu, kok tempatnya bisa sebersih itu ya? Lha kok di tempat cuci piring saya yang juga dikasih pembersih tiap kali selesai cuci piring, tak seindah punya orang-orang itu. Sepertinya ada kesalahan management saya dalam hal pencucian piring. Hahaha.. Tapi tak mengapa lah, yang penting itu piring gelas sendok dan perkakas lainnya selalu tercuci bersih. Karena jaman kost dulu, saya sempat dipuji ibu kost sebagai anak yang rajin. Padahal itu demi kamar tidak ada bau gara-gara piring makan bekas semalam. Alhamdulillah yaa..
Padahal saya juga punya masa dimana saya tidak menyukai kegiatan mencuci piring. Namun saya mencari cara agar tak lagi malas mencuci piring. Diantaranya ya begini,

1. Menentukan motivasi mencuci piring
Pernah pada suatu waktu, saya tak sengaja keceplosan curhat tentang masalah mencuci piring itu. Waktu itu saya bilang, saya bosan mencuci piring. Trus dijawab tetangga itu, ya gantian saja. Kan kalau di rumah dia, bisa gantian si anak-anak nya. Lha di rumah saya, yang ada cuma saya sendiri. Gimana mungkin mau gantian. Mengandalkan suami? haiiisss... mending mengerjakan sendiri sajah. Saya jadi makin membenci mencuci piring. Padahal saya sangat benci dengan melihat pemandangan menumpuk piring dan perabotan kotor. Ya sudahlah, mari mencuci piring untuk menghilangkan kotoran itu.

2. Mencuci piring sebagai saran relaksasi
Lalu entah gimana ceritanya, saya sedang mencuci piring, lalu melamun, lalu mendapatkan ide untuk menulis. Nah, sepertinya sejak itu, saya menjadi menikmati pekerjaan mencuci piring. Disamping itu, setiap kali saya mau mencuci piring, saya sudah siap dengan earphone dan playlist lagu untuk memberi tambahan semangat.

3. Menggunakan tips dan trik mencuci piring secara benar
Iya, mulai dari mencuci yang mudah dulu, misalnya gelas dulu, piring, lalu baru perabotan yang besar semacam wajan dan sebagainya. Jadi nanti kita mendapat mood booster, ooo ini loh sudah ada yang selesai. Biasanya saya akan lebih semangat lagi mengerjakan cucian yang lain.

Tetep pula diingat, hemat air. Mungkin orang lain mikir, mau cuci piring saja ribet banget. Pakai acara dimotivasi segala. Tapi yaa.. gimana ya, memang begitu keadaannya.. Jadi apa tips mu untuk memulai pekerjaan yang membosankan agar tidak menjadi membosankan lagi?

gambar diambil dari pixabay



Komentar